Tuesday 26 January 2010

Umar Sang Singa Padang Pasir

Umar Ibnul Khattab Ra merupakan orang ketiga dalam urutan pejuang-pejuang dakwah Islam sesudah Rasulullah SAW dan Abubakar Assiddiq Ra.

Umar Ra merupakan seorang manusia yang berasal dari masyarakat badui tulen yang keras lingkungan hidupnya
dan akhirnya menjadi seorang amirul mukminin (pemimpin).

Umar berasal dari suku Bani Hasyim. Semasa kanak-kanaknya dia menggembala domba milik ayahnya. Umar senang berbicara tentang kenikmatan-kenikmatan yang telah diberikan Allah Ta’ala untuknya, antara lain karena dia selalu merasa terpanggil untuk berjuang di dalam dakwah. Ia selalu mengakui hal itu sebagai anugerah Allah untuknya.

Umar tidak pernah mengenyam pendidikan sekolah, namun ia dapat memberi contoh kepada kaumnya dalam mengurus pemerintahan dan kekuasaan yang penuh dengan keadilan, kebijaksanaan, keutamaan dan berlandaskan fiqih (hukum) Islam.

Di masa sebelum memeluk Islam, Umar dikenal di kalangan kaumnya sebagai utusan yang mampu berdiskusi, berdialog dan memecahkan berbagai urusan. Dia mahir dalam berdagang dan tekun dalam perdagangannya. Ia juga dikenal sebagai orang yang bertemperamen kasar, kokoh dalam memegang prinsip dan berkedudukan tinggi. Oleh karena itu ia digelari Alfaruq Umar Ibnul Khattab Ra. Selain itu Umar terkenal dengan julukan “Singa Padang pasir”, sangat kuat dan pemberani.

Setelah masuk Islam ia adalah orang yang lembut terhadap sesama Muslim dan paling keras terhadap orang yang memusuhi Islam. Ia juga terkenal sebagai seorang yang adil dan menjadi khalifah yang menjadi pelindung yang lemah.

No comments:

Post a Comment